Kamis, 12 November 2009

BAB III

BAB III
KERANGKA KONSEP DEFINISI OPERASIONAL
DAN HIPOTESIS
A. Kerangka Konsep
Terdapat beberapa faktor predisposisi yang menyebabkan terjadinya anemia defisiensi besi yaitu kurangnya asupan makanan yang mengandung zat besi, karena gangguan resorpsi, karena seringnya hamil dan melahirkan atau jarak kehamilan yang terlalu dekat (Manuaba,2001). Berdasarkan variabel independen yang diteliti adalah jarak kelahiran yang mempengaruhi variabel dependen yaitu kejadian anemia pada kehamilan yang terjadi di bidan praktek swasta Ny. O kabupaten Garut tahun 2008.
Bagan 3.1 Kerangka Konsep
Variabel independen variabel dependen






: Tidak diteliti

: Variabel yang Diteliti



B. Definisi Operasional variabel
Definisi operasional adalah mendefinisikan variabel secara operasional berdasarkan karakteristik yang diamati, memungkinkan peneliti untuk melakukan observasi atau pengukuran secara cermat terhadap suatu objek atau fenomena (Hidayat, 2007: 87)

Variabel Definisi Operasional Kategori Skala Alat ukur/ instrumen
Jarak Kelahiran Waktu sejak ibu hamil sampai terjadinya kelahiran berikutnya Jarak kelahiran:
- 2 tahun
- < 2 tahun Ordinal Cek list
Anemia pada kehamilan Ibu hamil dengan kadar Hb < 11 gr% pada trimester 1dan 3, atau kadar Hb < 10,5 gr% pada trimester 2 Anemia pada kehamilan :
- anemia
- tidak anemia Ordinal Hb sahli set


C. Hipotesis
Menurut Hidayat (2007 :45) Hipotesis adalah sebuah pernyataan tentang hubungan yang diharapkan antara dua variabel atau lebih yang dapat di uji secara empiris.
H0 : tidak ada hubungan antara jarak kelahiran dengan kejadian anemia pada kehamilan di Bidan Praktek Swasta Ny.O tahun 2008
Ha : ada hubungan antara jarak kelahiran dengan kejadian anemia pada kehamilan di Bidan Praktek Swasta Ny.O tahun 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar